. . .

Minggu, 02 April 2017

APRILIANSYAH | Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

APRILIANSYAH.ID - Bung Karno merupakan sosok kharismatik yang namanya sampai sekarang masih harus dikenang. Pidatonya yang menggelorakan semangat muda menjadi salah satu ciri khasnya.

Beliau tidak hanya disegani kawan, tetpai juga lawan. Bahkan nama beliau banyak dijadikan nama jalan di negera-negara sahabat, seperti di Mesir contohnya.


Bung Karno diasingkan disini sekitar 1938-1942. Sebagaimana kita ketahui, Soekarno memiliki banyak istri, salah satu istrinya adalah gadis Bengkulu yang cantik jelita, Fatmawati. Dalam sejarah kemerdekaan kita mengetahui bahwa beliaulah yang menjahit Bendera Sang Saka Merah Putih saat Proklamasi 17 Agustus 1945.

Anda tentu ingin tahu lebih jauh bukan? Silahkan kunjungi museum ini, sangat dianjurkan sekali untuk anda anak muda, apalagi pelajar. Hal ini untuk menimbulkan rasa cinta kepada tanah air. Disini ada sepeda ontel kesayangan Bung Karno, koleksi buku, hingga surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati.


Pada awalnya, rumah ini adalah milik pengusaha Tinghoa bernama Tan Eng Cian yang bekerja saai itu sebagai penyumplai sembako untuk Pemerintah Belanda. Lalu, Belanda menyewanya untuk menempatkan Bung Karno di Rumah tersebut selama diasingkan di Bengkulu. Untuk dapat masuk, anda harus membayar tiket masuk Rumah Pengasingan Bung Karno sebesar Rp. 2.500 per orang. (amr) 

0 komentar:

Posting Komentar