. . .

Kamis, 07 Januari 2016

Musi Rawas Darussalam Miliki Perpustakaan Terapung Pertama Di Sumatera Selatan

Musi Rawas, Dengan Tema "Menumbuh Kembangkan Minat dan Kegemaran Membaca Anak Untuk Menanamkan Cinta dan Budaya Bangsa", Pemerintah Kabupaten Musi Rawas melalui Kantor Perpustakaan, Arsip & Dokumentasi Kabupaten Musi Rawas resmikan Perpustakaan Terapung yang terletak di Danau Aur Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas. Dengan tag line "rekreasi sambil membaca", Pemerintah Kabupaten Musi Rawas menumbuh kembangkan minat baca masyarakat Kabupaten Musi Rawas. (Selasa, 5 Januari 2015).
Turut hadir dalam acara tersebut Pj. Bupati Musi Rawas, Ketua DPRD Kabupaten Musi Rawas, Kepala dan Jajaran Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Musi Rawas, Kepala Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Ketua TP PKK Kabupaten Musi Rawas, Pimpinan Bank Sumsel Babel Lubuklinggau, dan Kepala Dinas terkait di Kabupaten Musi Rawas.
Dalam sambutannya, Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Musi Rawas, Supriyanto SP, MM menyatakan bahwa Pendirian Perpustakaan Terapung ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat baca anak anak karena kurangnya sarana yang ada. "Maka dari itu, kami berinisiatif untuk membuat sebuah terobosan yang inovatif dan tidak membosankan". Salah satunya ialah dengan memberikan fasilitas membaca gratis bagi masyarakat musi rawas, khususnya anak anak dengan mendirikan Perpustakaan Terapung ini.
Sementara itu, Kepala Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan meyatakan Bangga dengan diresmikannya Perpustakaan Terapung di Kabupaten Musi Rawas, Karena ini merupakan yang pertama dan satu satunya di Sumatera Selatan.
Dalam sambutannya, H.Riki Junaidi memberikan apresiasi yang sangat besar terhadap pendirian Perpustakaan Terapung ini. Dirinya berharap pendirian Perpustakaan Ini dapat menumbuh kembangkan minat baca masyarakat, "disamping berwisata kita dapat membaca buku ataupun sebaliknya", ujarnya.
Memang ironis jika saat ini kita melihat minat baca anak anak sangatlah kurang, "Saat kecil dulu, kebutuhan akan membaca saya sangat besar, bahkan koran2 bekas pun tetap saya baca. Anak anak sekarang lebih senang disibukan dengan HandPhone", ujar Pj. Bupati Musi Rawas ini. Semoga dengan Pendirian Perpustakaan Terapung ini dapat menarik minat baca masyarakat khususnya anak anak di Kabupaten Musi Rawas, harapnya. Karena menggabungkan unsur wisata dengan pendidikan merupakan salah satu upaya menarik dalam menumbuhkan minat baca. Terutama di kalangan anak anak. "Saya  juga mengharapkan agar perpustakaan ini dirawat dengan sebaik baiknya", ujarnya.
Acarapun dilanjutkan dengan pemberian bantuan oleh Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan kepada SMP Muhamadiyah Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas.
- See more at: http://www.musirawaskab.go.id/index2.php?tampil=artikel_detail&id=80#sthash.LjPMuAX0.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar